Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Windows 11 ke Windows 10 tanpa Ribet

Bagaimana cara mengubah windows 11 menjadi windows 10 kembali? Downgrade terkadang dibutuhkan karena beberapa alasan, misalnya perangkat mu tidak mendukung windows 11, terjadi lemot dan panas, serta masalah lainnya. 

Microsoft merilis Windows 11 yang  membawa antarmuka sederhana, tampilan baru Windows Store, peningkatan kinerja dan pengalaman multitasking. Windows 11 menyertakan menu dan tombol Start baru. Posisinya tidak lagi di ujung kiri layar, perusahaan yang bermarkas di Redmond itu memindahkannya ke tengah.

Microsoft memberikan panel widget yang didukung AI dengan berbagai informasi yang bisa dipersonalisasi. Ada pula Snap Layout, yang memungkinkan pengguna memilih tata letak saat aplikasi dijalankan agar sesuai kebutuhan mereka.

Baik untuk konsumen maupun pengguna komersial. Teams terintegrasi langsung ke bilah tugas, memungkinkan pengguna Windows 11 untuk menelepon teman, keluarga, atau rekan kerja, fitur lainnya ukuran updatenya sendiri. Microsoft memastikan ukurannya lebih kecil dari sebelumny

Jika Windows 11 tidak memenuhi harapan kamu atau tidak terlalu stabil di komputer kamu, maka kamu bisa mengubah (menurunkan versi) dari Windows 11 ke Windows 10 menggunakan langkah demi langkah di tutorial ini. 

Dimungkinkan untuk me-roll back ke versi yg lebih lama yaitu Windows 10, namun dalam waktu 10 hari setelah instalasi. Artikel ini menunjukkan bagaimana kamu bisa mengubah ke Windows 10 dalam dan setelah periode 10 hari

Saat kamu mengupgrade komputer kamu dari Windows 10 ke Windows 11, itu menyimpan versi lama di folder Windows.old. 

Komputer kamu menghapus folder Windows.old secara otomatis setelah 10 hari penginstalan. Dengan demikian, opsi bawaan untuk kembali ke Windows 10 dinonaktifkan setelah 10 hari. Jika kamu termasuk dalam kelompok 10 hari, langkah-langkahnya berbeda dan lebih mudah daripada yg lain

Bisakah saya menurunkan versi dari Windows 11 ke Windows 10?

Ya, kamu bisa mengubah dari Windows 11 ke Windows 10 dalam waktu 10 hari tanpa kehilangan file apapun. Namun, setelah periode 10 hari, kamu perlu membersihkan instalasi Windows 10 karena opsi Roll back akan hilang.

Sebelum memulai, kamu harus tahu bahwa mengubah ke Windows 10 akan menghapus semua tool yg telah kamu install dan mengubah pengaturan. Namun, kamu bisa mengatur semuanya setelah kamu memiliki komputer Windows 10 yg berfungsi penuh.

Cara Mengubah dari Windows 11 ke Windows 10

Untuk men-mengubah dari Windows 11 ke Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pastikan bahwa kamu belum melewati batas 10 hari menginstal Windows 11. Juga, penting untuk disebutkan bahwa metode ini hanya berfungsi ketika kamu meningkatkan dari Windows 10 ke Windows 11. 

windows 10 ke 11

Dengan kata lain, metode ini tidak akan bekerja jika kamu melakukan clean install atau instalasi baru Windows 11 di PC kamu.

Sekarang, kamu bisa menekan Win + I untuk membuka Pengaturans Windows di komputer kamu. Kemudian, klik opsi Sistem di panel kiri dan klik Recovery di panel kanan.

Di halaman berikutnya kamu bisa menemukan opsi Previous version of Windows di panel kanan. Kamu perlu mengklik Go back disamping opsi tersebut.

Selanjutnya, ia akan meminta kamu untuk menjelaskan mengapa kamu mengubah sistem operasi kamu ke Windows 10. Kamu bisa memberi ceklist pada kotak di opsi apapun sesuai keinginan kamu dan klik Next.

Pada satu titik, ia akan meminta kamu untuk mencari update yg tersedia untuk Windows 11. Kamu bisa mengklik No, thanks di layar kamu.

Dan akhirnya, kamu bisa menemukan opsi Go back to earlier build. Kamu perlu mengklik opsi tersebut.

Setelah selesai, komputer kamu akan restart beberapa kali secara otomatis dan mulai menginstall Windows 10.

Setelah semuanya selesai, kamu bisa mengatur komputer Windows 10 kamu sesuai keinginan kamu

Cara Mengubah dari Windows 11 ke Windows 10 Setelah 10 hari

Jika kamu telah melewati batas 10 hari setelah instalasi Windows 11, opsi Previous version of Windows dengan tombol Go back tidak lagi tersedia untuk kamu di jendela Pengaturans Recovery Windows. 

Dalam hal ini, kamu harus melakukan fresh install Windows 10. Untuk itu, ikuti panduan berikut satu demi satu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pertama, kamu perlu mendownload ISO Windows 10 dari Microsoft.

Kemudian gunakan tool Rufus untuk membuat USB bootable Windows 10. Kamu juga bisa membuat bootable Windows dari Linux.

Setelah itu, ikuti panduan di artikel ini untuk melakukan clean install Windows 10 dari USB.

Setelah kamu menyelesaikan langkah terakhir seperti yg disebutkan di atas, kamu akan bisa mengatur komputer Windows 10 kamu. Namun, proses ini menghapus semua file dan folder dari komputer kamu. Oleh karena itu, kamu mungkin ingin membackup file penting kamu sebelum mengikuti langkah-langkah tersebut.

Itu saja! Semoga tutorial ini membantu kamu. Kamu kemudian bisa membaca artikel saya lainnya tentang cara mudah uninstall bloatware di Windows 10 atau mau booting Windows 10 dalam 3 detik? Ini dia caranya.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu kamu dalam menmengubah dari Windows 11 ke Windows 10. Jangan lupa tinggalkan komentar kamu dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman kamu dalam mengikuti tutorial ini.