Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Google Form yang Menarik di Laptop

Bagaimana cara membuat google formulir yang keren dan menarik menggunakan laptop atau komputer mu? Selama masa pandemi Google Formulir menjadi salah satu teknologi yg popular di berbagai kalangan. Walaupun awalnya tidak begitu popular, namun seiring kebutuhan penggunaan sistem online di masa pandemi, 

Google Formulir banyak digunakan untuk berbagai hal. Salah satunya ialah untuk membuat kusioner. Lalu, bagaimana langkah membuat Google Formulir di Komputer untuk kusioner yg mudah?

Bagi Kamu yg masih pemula dalam hal menggunakan Google Formulir, patut diketahui kalau Google Formulir sendiri merupakan fitur digital yg disediakan untuk beberapa keperluan. 

Google Formulir disebut juga sebagai perangkat lunak administrasi survei berbasis web gratis yg ditawarkan oleh pihak Google. Disini Kamu dapat menemukan semua fitur berbagi yg di Spreadsheet, Dokumen dan Slide.

Mau buat formulirulir terbaik dan professional dengan google formulir? Tapi tidak tahu mau mulai dari mana? Mudah sekali. 

Inilah mengapa Google Formulir direkomendasikan untuk sobat iweblogsite gunakan, yaitu karena kemudahannya dan sajian data yg begitu lengkap.


Cara Buat Google Form di Laptop

Nah, pada uraian berikut ini kita akan mencari tahu bagaimana langkah membuat Google Formulir di Komputer maupun komputer untuk kuesioner yg mudah. Selengkapnya mari simak.

Langkah Mudah Membuat Google Formulir untuk Kuesioner di Komputer buat sobat iweblogsite berikut :

Di tahun ini, Google memperkenalkan adanya Google Workspace. Google Workspace memiliki berbagai kelebihan yg jauh lebih spesifik, lebih khusus, pengolahan data yg jauh lebih rapi dan lebih mudah. Dengan demikian bisa mengoptimalkan efisiensi oleh data. Namun, untuk penggunaan personal service saja juga tidak ada masalah.

Nah, untuk membuat Google Formulir ada beberapa langkah yg bisa Kamu gunakan yaitu melalui Laman Google maupun melalui Google Drive yg kita punya. Untuk langkah membuatnya satu persatu akan kita bahas.


1. Langkah Membuat Google Formulir melalui Link Google

Pertama tama yg perlu Kamu lakukan ialah membuka Link pembuatan Google Formulir terlebih dahulu.

Lalu dari formulirs.google.com, pilihlah “Blank” lalu pilih lagi “Template”

Nah, selanjutnya Kamu tinggal mengikuti arahan masuk ke halaman “Editing” dari formulirulir itu.

Jika sudah masuk ke halaman editor, Kamu bisa langsung mengedit bagian yg disesuaikan dengan kebutuhan Kamu saat ini. 

Beberapa fitur yg dapat Kamu manfaatkan ialah mulai dari mengganti judul dengan langkah mengklik “Untitled Formulir”, memberikan deskripsi dengan langkah mengklik “Formulir Description” dan menambahkan pertanyaan.


2. Langkah Membuat Pertanyaan pada Google Formulir

Pertama tama, Kamu perlu mengklik “Untitled Question” dan masukkan pertanyaan Kamu

Untuk mengubah jenis pertanyaan yg Kamu buat, cukup pilih panah ke bawah.

Tambahkan juga pilihan “Response” apabila sesuai dengan pertanyaan Kamu.

Nah, Kamu juga bisa mengklik “Required” jika ingin menambahkan pertanyaan yg wajib harus dijawab.

Langkah menambahkan pertanyaan baru ialah dengan langkah klik “Add Question”.

Sedangkan jika ingin menambahkan pertanyaan yg sudah ada klik saja “Duplicate”

Setiap perubahan akan tersimpan selangkah otomatis. Namun, Kamu tetap bisa melihat pratinjau perubahan dengan langkah mengklik “Pratinjau”

Catatan : Berbilangkah soal Google Formulir ini mempunyai 12 jenis fitur. Mulai dari 9 jenis pertanyaan, bersama dengan bidang foto, teks serta video. 

Cukup klik ikon (+) yg berada di side bar sebelah kanan untuk menambahkan jenis pertanyaan baru. Kamu juga bisa klik ikon foto, teks atau video untuk menambahkan suatu media ke formulirulir yg Kamu buat.

Kamu dapat mengganti jenis pertanyaan kapan saja Kamu mau. Namun, pengaturan formulir tersebut mungkin harus di atur ulang ketika Kamu beralih ke jenis pertanyaan pilihan gkamu, kotak centang dan lain sebagainya. 

Tips cepat mengisi pertanyaan di kolom ialah cukup hanya menekan “Enter” untuk mulai menambahkan yg lainnya.

Setelah selesai membuat Google Formulir sesuai dengan yg Kamu inginkan, jangan lupa cek dulu hasilnya untuk memastikan Google Formulir Kamu sudah benar. 

Selanjutnya Kamu tinggal mengirimkan Google Formulir yg dibuat dengan menggunakan fitur “Send” atau “Kirim”.

Tidak perlu waktu yg lama atau skil tertentu untuk bisa membuat Google Formulir yg bagus. Kamu bisa menggunakan software yg satu ini untuk berbagai kepentingan mulai dari materi dan ujian sekolah online, absensi, kuesioner pekerjaan dan lain sebagainya.


Tonton Video Panduannya



Kata Penutup

Tidak hanya di Komputer ataupun komputer, sobat iweblogsite juga bisa membuat Google Formulir dengan menggunakan HP Android atau Smartphone saja loh. 

Jadi kapanpun dan dimanapun, Kamu bisa membuat Google Formulir sesuai kebutuhan. Manfaatkan setiap teknologi yg disediakan untuk semakin memudahkan Kamu dalam berbagai hal urusan. Semoga bermanfaat.