Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjalankan Game Android di Windows 11 tanpa Emulator

Apakah kamu sedang menunggu fitur terbaru dari windows 11 yang disukai oleh kebanyakan pengguna android saat ini? Ya, seperti yang kita ketahui bersama,  Microsoft mengumumkan generasi terbaru OS Windows beberapa bulan lalu, dan mereka menjanjikan satu layanan baru yg ditunggu-tunggu oleh pengguna.

Layanan baru tersebut adalah kemampuan sistem operasi Windows untuk menjalankan perangkat lunak Android tanpa adanya emulator atau aplikasi pihak ketiga. 

Tentunya jika Microsoft meningkari janji ini, akan ada banyak pengguna yg marah, yg tentunya akan merugikan Microsoft sendiri. Jadi mereka akan memberikan fitur ini sebagai hadiah buat pengguna windows 10 untuk bisa beralih ke windows 11

Namun, Microsoft memastikan bahwa layanan ini akan segera hadir di OS terbaru Microsoft - Windows 11. Jadi buat kamu, tidak ada alas an untuk tidak mengupdate windows 10 mu menjadi windows 11 ya hehehe

Untuk memenuhi hasrat pengguna yg sudah tidak sabar menunggu, tepat beberapa minggu yg lalu, raksasa perangkat lunak Microsoft memberi Windows Insiders di Beta Channel kesempatan untuk mencoba layanan baru ini.

Dan tentu saja yg namanya uci coba, pasti akan menemui banyak kendala, seperti bug, celah dan juga beberapa sistem yang error. Tapi tetap saja, kamu tidak akan mengubah windows 11 ke windows 10 kembali, bukan?


Cara Menggunakan Android di Windows 11

Untuk sementara ini, pratinjau pertama perangkat lunak Android di Windows 11 hanya tersedia untuk Windows Insiders di Beta Channel untuk pengguna di Amerika Serikat, yg membuat pengguna dari negara lain belum bisa menggunakannya

Untuk negara lain, bagaimana langkah untuk menggunakan game atau aplikasi android di laptop atau computer windows 11?  ikuti petunjuk dari iweblogsite berikut ini :

PC Kamu harus menggunakan Windows 11 (Build 22000.xxx series builds) dan memenuhi persyaratan minimum hardware yg telah ditentukan.

Jika diperlukan, aktifkan virtualisasi untuk BIOS/ UEFI PC Kamu. Klik di sini untuk memperoleh panduan tentang langkah mengaktifkan ini di PC Kamu.

Karena ini untuk Windows Inseder Amerika, maka Wilayah PC Kamu juga harus disetel di Amerika, jadi pastikan kamu mengubah alamat dan waktu di PC windows mu dengan daerah Amerika

PC Kamu harus dalam Saluran Beta. Jika Kamu baru mengenal Program Windows Insider, klik di sini untuk memulai pendaftaran dan bergabung ke Saluran Beta Windows Insider.

Selain itu, Kamu juga harus memiliki akun Amazon yg berbasis di AS untuk menggunakan Amazon Appstore (untuk menggunakan android langsung, tidak bisa dari google playstore, tapi pakai amazon appstore)

Selanjutnya klik link ini  untuk menuju ke Microsoft Store.

Jika sudah sampai pada tahap ini, Kamu bisa memverifikasi apakah perangkat Kamu sudah memenuhi persyaratan sistem minimum atau tidak, mengatur lingkungan sistem Android di Windows, dan mulai menggunakan perangkat lunak dan game Android yg tersedia.


Tonton Panduannya

Kalau kamu masih bingung, kamu bisa menonton panduannya dibawah ni lho, tinggal klik saja tombol play dan ikuti step by step yang telah dijelaskan pada video dibawah ini :


Manajer Umum Microsoft Store, mengatakan tentang layanan baru ini:

“Menjalankan perangkat lunak dan game Android di Windows 11 akan terasa familiar, mudah, dan terintegrasi, seperti yg pengguna windows terdahulu harapkan. Kamu bisa dengan mudah menjalankan perangkat lunak ini selangkah berdampingan dengan bantuan layanan Snap Layouts baru, menyematkannya ke menu Start atau Taskbar Kamu, dan berinteraksi dengannya melalui mouse, sentuhan, atau input pena. 

Perangkat lunak Android juga terintegrasi ke dalam tampilan Alt + Tab dan Bilah Tugas untuk membantu Kamu dengan cepat berpindah antar perangkat lunak yg paling penting bagi Kamu. Kamu bisa melihat pemberitahuan dari pemberitahuan perangkat lunak Android di Pusat Tindakan atau berbagi papan klip antara perangkat lunak Windows dan perangkat lunak Android. 

Kami telah membangun pengalaman dengan mempertimbangkan aksesibilitas; banyak pengaturan aksesibilitas Windows berlaku untuk perangkat lunak Android dan kami bekerja sama dengan Amazon untuk memberikan lebih banyak peningkatan”


Kata Penutup

Kemitraan Microsoft dengan Amazon akan memungkinkan pengguna untuk mencoba 50 jenis perangkat lunak untuk saat ini.

Dalam beberapa bulan kedepan, melalui pembaruan Windows Insider, ada banyak perangkat lunak baru yg akan dirilis. Jadi, apakah sobat iweblogsite sudah tidak sabar menggunakan windows 11 ini? Ayuk komentar dibawah ya