Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa yang Dilakukan Setelah Membeli HP Baru

Hal yang perlu dilakukan setelah membeli hp baru? Buat kamu yang bisa mewujudkan mimpi membeli hp baru, dan ingin tahu bagaimana tips setelah membeli hp baru, berikut akan dijelaskan bagaimana langkah yang tepat untuk merawat dan juga mempersiapkan penggunaan smartphone baru mu tersebut, baik itu android atau iphone.

memiliki smartphone android atau ios atau smartphone di jaman sekarang ini memang sudah bukan suatu hal yg rahasia lagi. ya, smartphone sendiri sudah menjadi benda yg wajib dimiliki oleh setiap untuk melakukan berbagai kegiatan. mulai dari bekerja, sekolah sampai dengan hiburan. namun, tidak hanya pintar dalam menggunakannya, kamu juga mau pintar dalam merawatnya khususnya saat pertama kali membeli smartphone baru. apa saja tips yg harus dilakukan setelah membeli smartphone baru?

untuk membeli smartphone baru bagi beberapa orang mungkin mudah saja, namun bagi beberapa orang lainnya mungkin sangat susah. misalnya mereka harus menabung sekian lama terlebih dahulu untuk bisa membeli handphone impian. setelah berhasil membelinya, kamu tentu mau merawatnya hingga bisa digunakan selama mungkin bukan? oleh sebab itu, ada beberapa hal yg harus kamu lakukan di awal penggunaan?

pada saat baru membuka kotak smartphone baru, kamu bisa melihat tampilan layar ponsel yg masih kinclong, mulus dan bagus sekali. kamu mungkin ingin terburu buru untuk segera memakainya. namun, sebenarnya kamu perlu tahu kalau smartphone baru kamu perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum siap digunakan untuk berbagai hal. apa saja persiapan tersebut?

nah, coba deh simak informasi selengkapnya yg membahas cara dan tips yg harus dilakukan setelah membeli smartphone android atau ios baru pada ulasan di bawah ini


Apa yg harus dilakukan setelah membeli smartphone baru

hal yang dilakukan setelah membeli hp baru

1. nonaktifkan smartphone dan isi baterai sampai 100 persen

tips pertama yg perlu kamu lakukan setelah membeli smartphone baru ialah menonaktifkan atau mematikan smartphone terlebih dahulu kemudian mengisi daya smartphone sampai penuh. bagaimana jika kamu sudah tidak sabar untuk menggunakan smartphone baru?

jangan khawatir, sebab banyak smartphone canggih sudah dirancang dengan teknologi fast charging yg memungkin proses isi daya yg cepat. beberapa jenis smartphone bahkann hanya menghabiskan waktu sebanyak 2 sampai 3 jam saja supaya baterai smartphone terisi penuh.


2. mengatur kata sandi dan layar kunci

setelah selesai mengisi baterai sampai penuh, selanjutnya yg bisa kamu lakukan pertama tama ialah mengatur kata sandi dan layar kunci. hal ini penting untuk melindungi privasi kamu. ada berbagai macam jenis password yg dapat kamu gunakan.

mulai dari membuat kata sandi yg terdiri dari angka atau kombinasi antara huruf dan angka, nomor pin, atau menggunakan pola kunci layar.

karena dunia sudah semakin canggih, smartphone jaman sekarang juga sudah dibekali dengan fitur face lock atau sidik jari. nah dengan fitur yg tersedia ini akan mencegah seseorang yg mau melanggar privasi kamu dan tidak bisa membuka smartphone baru kamu tanpa izin.


3. mengkoneksikan dengan akun google

hal yg penting berikutnya yg bisa dilakukan ialah segera mengkoneksikan dengan akun google. semua hal yg kamu lakukan menggunakan ponsel baru membutuhkan akses layanan dari google.

misalnya untuk memulai gmail, google chrome, google maps, google drive dan masih banyak lagi. oleh sebab itu, yg terpenting ialah kamu harus terkoneksi dengan gmail supaya bisa menggunakan akun media sosial dan berbagai perangkat lunak di android atau ios.


4. mengisi perangkat lunak sesuai kebutuhan

punya smartphone baru tapi kalau tidak ada perangkat lunak mungkin smartphone tersebut menjadi tidak terlalu berguna bukan? kamu membutuhkan software untuk menjalankan android atau ios sesuai kebutuhan kamu.

misalnya, kamu mau download perangkat lunak belanja online, dompet digital, game, media sosial dan lain sebagainya. meski beberapa perangkat lunak penting sudah tersedia di smartphone kamu, namun banyak perangkat lunak terkenal lainnya harus kamu download dan install sendiri.

jangan lupa, untuk menghindari hal yg tidak diinginkan seperti terhindar dari terinfeksi virus dan malware, kamu disarankan hanya mendownload dan menginstal perangkat lunak dari sumber resmi yaitu google playstoore atau appstore.


5. Download perangkat lunak data plan

setelah memiliki smartphone baru jangan sampai membuat kamu lupa diri dengan asyik menjelajah fitur dan mendownload banyak perangkat lunak baru.

memang kamu tidak dilarang melakukan hal ini, namun jangan sampai kuota internet kamu jebol. nah, salah satu solusi untuk mengatasi hal ini dan mencegah kamu untuk menggunakan paket internet berlebihan ialah dengan memanfaatkan bantuan perangkat lunak data plan.


6. update pembaharuan perangkat lunak

selanjutnya yg tidak kalah penting untuk kamu ingat ialah selalu lakukan update perangkat. jangan lupa melakukan pembaharuan setiap ada update. tujuannya penting yakni bermanfaat dalam memperbaiki bug dan memperlengkapi ponsel kamu dengan fitur baru.


7. klaim garansi jika ada kerusakan

sewaktu membeli smartphone baru kamu juga akan mendapatkan kartu garansi selama kurun waktu tertentu. kartu tersebut dapat kamu gunakan sewaktu waktu mengalami kerusakan dari pabrik yg kamu sadari setelah membeli smartphone baru.

apabila terjadi kerusakan, jangan ragu untuk mengklaim garansi ya. namun, ingatlah kalau garansi ini tidak mencangkup rusak akibat kesalahan sendiri seperti terbanting, jatuh atau terkena air.

ternyata setelah membeli smartphone baru kamu disarankan untuk mempersiapkannya terlebih dahulu sebelum siap untuk digunakan. kamu juga bisa mulai dengan memperhatikan cara penggunaan di buku panduan pengguna smartphone yg biasanya selalu ada sebagai salah satu kelengkapan perangkat.


Kata Penutup

dengan mempersiapkan smartphone baru kamu terlebih dahulu sesuai dengan cara penggunaan yg baik dan benar, akan membantu kamu sebagai pengguna untuk menjaga dan merawat kesehatan ponsel dari awal penggunaan sampai dengan selesai.

Jadilah pengguna yg baik untuk mendapatkan manfaat yg maksimal dari penggunaan teknologi. semoga bermanfaat, jangan lupa share dan bagikan artikel dari iweblogsite ini ya teman teman