Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat QR Code Berisi File PDF di HP

Bagaimana  cara membuat QR-Code yg isinya adalah file PDF? Qr code adalah gambar yg dibuat berbentuk dua dimensi yg memiliki fungsi yg berguna seperti melakukan scan dan  pemindaian informasi. 

QR-Code memiliki gambar yg dibuat dari kumpulan titik hitam dan spasi warna putih yg sudah dibentuk menjadi kotak. Sehingga memudahkan Sobat iweblogsite dalam melakukan scan melalui kamera dari Smartphone dan Tablet.

Misalnya ingin membuat QR-Code di Google Drive yg berfungsi untuk membagikan url dengan mudah dan cepat. Admin sendiri sudah sering membuat QR-Code untuk Google Drive

Hal ini supaya lebih mudah membagikan file kepada teman atau  orang lain. Sehingga tidak usah repot-repot memberikan url yang isinya file pdf dalam bentuk URL

Google drive sendiri saat ini telah menjadi layanan penyimpanan online yg paling sering dipakai karena memungkinkan para pengguna untuk menyimpan dan juga mengakses file selangkah online. Selain itu, Google Drive juga memberikan penyimpanan gratis sebesar 15 GB.


Cara Membuat QR-Code Berisi PDF

Bagaimana langkah membuat QR-Code sendiri yang isinya adalah PDF? Untuk langkah pembuatannya Sobat hanya perlu login ke akun Google Drive atau media penyimpanan lainnnya

Kemudian pilih file yg ingin Sobat jadikan QR-Code agar bisa mengirim file. Jika belum mengetahui langkahnya, maka sebaiknya simak pembahasan yg admin berikan dibawah ini.


Fungsi dan Jenis QR-Code

Untuk jenis QR-Code terdiri dari 2 yaitu:

QR-Code statis yg dapat Sobat edit lagi ketika sudah digunakan sehingga penggunaan QR-Code ini bersifat pribadi. Biasanya sering dipakai untuk membuat kode ID karyawan. Adapun contoh lain dari penggunaan QR-Code statis yaitu QR-Code untuk Wifi, Bitcoin, Plain Text dan Email.

QR-Code dinamis merupakan jenis QR-Code yg dapat Sobat perbarui dan diubah. Jika ingin membuat QR-Code untuk bisnis maka QR-Code dinamis sangat cocok Sobat pakai. Apalagi ukuran file yg diinput tetap akan kecil karena langsung diarahkan ke URL yg sudah ditentukan oleh kode tersebut. Adapun contoh dari QR-Code dinamis yaitu QR-Code pembayaran, media sosial dan kupon.


Bagian-Bagian QR-Code

Berikut ini bagian-bagian dari QR-Code yg harus Sobat tahu:

Positioning detection markers yg berbentuk kotak dan berjumlah 3 biasanya diletakkan di pojok dari QR-Code yg sudah jadi.

Alignment marking Memiliki bentuk kotak namun berukuran lebih kecil dari Positioning detection markers. Fungsi dari bagian ini adalah menjaga bagian permukaan QR-Code jika melengkung sehingga QR-Code tetap bisa dibaca dengan jelas.

Timing pattern memiliki bentuk kotak-kotak kecil menyerupai titik yg berfungsi konfigurasi data grid.

Version information berfungsi untuk memudahkan Sobat pada saat melakukan scan agar bisa dibaca mana objek yg dipindai

Format information berfungsi untuk menampilkan data yg akan dimuat oleh pengguna

Data and error correction keys berfungsi untuk menjaga data yg di scan agar bisa dipindai meski kode tersebut mengalami kerusakan sekitar 25%.

Quiet zone berfungsi untuk mempermudah proses scanner dan bisa mengenali objek QR-Code dengan mudah.


Langkah Membuat QR-Code isi PDF

Setelah mengetahui fungsi dan bagian-bagian yg ada di QR-Code. Maka selanjutnya adalah belajar langkah membuat QR-Code yg ada di Google Drive. Untuk proses pembuatannya silakan ikuti tutorial berikut ini:

Langkah pertama Sobat login ke akun Google Drive yg sudah dibuat

Selanjutnya pilih File yg ingin dibuatkan barcode. Lalu klik kanan pilih menu Dapatkan Url

Setelah selesai menyalin url, silakan Sobat kunjungi situs The QRcode Generator

Pada tampilan QR-Code Generator, pilih menu URL dan paste url Google Drive yg sudah Sobat salin tadi seperti pada gambar dibawah ini

Tunggu beberapa saat sampai QR-Code Google Drive berhasil dibuat. Sobat bisa melihatnya dihalaman tersebut karena akan ditampilkan jika QR-Code sudah selesai dibuat

Untuk menyimpan barcode yg sudah jadi. Pilih icon download lalu pilih format gambar yg ingin dipakai seperti PNG, EPS dan SVG dan selesai


Sobat bisa membuat QR-Code atau Barcode melalui Tablet, Laptop, HP Android dan Iphone dengan mengikuti langkah-langkah yg sudah admin berikan diatas. 

Untuk melakukan scan QR-Code, Sobat dapat memakai kamera HP untuk melakukan scan gambar QR-Code yg telah dibuat. Yg perlu Sobat perhatikan pada saat melakukan scan adalah kamera HP tidak boleh kabur supaya proses pengambilan gambar bisa dibaca dengan mudah.


Tonton Video Panduan

Kalau kamu masih bingung, silahkan tonton video panduan tentang cara membuat link qr code yang isinya file pdf dibawah, kami sudah mempersiapkan video tutorialnya untuk kalian, tinggal play. Jangan lupa subscribe juga channel kami ya, terimakasih


Kata Penutup

Demikianlah pembahasan kali ini dari iweblogsite, mengenai langkah membuat QR-Code yang berisi file PDF di Google Drive. Semoga tutorial yg Sobat ikuti bisa bermanfaat dalam membuat QR-Code yg ada di file Google Drive.